Membuat Bootloader Untuk Windows 7 dan Windows XP


Bagi yang lagi bingung karena windows 7 nya tertindih oleh windows XP, Kejadian ini mungkin kita alami ketika mau membuat dualbooting sistem operasi windows, ketika yang kita install windows 7 dulu dan kita mau menambahkan windows XP. Karena jika yang kita install dulu windows 7 setelah itu baru windows Xp yang kita install, maka bootloader windows Xp tidak bisa membaca bootloader window 7, akhirnya bootloader windows 7 tertindih oleh bootlaoder windows XP, akhirnya setelah berselancar diinternet menemukan program EasyBCD. Berikut adalah sedikit Tutorial EasyBCD tetapi lebih saya tekankan kepada cara menghapus dan menambah sebuah operating system (OS) dari daftar boot dan juga cara menambahkan OS ke dalam daftar boot. Oleh karena itu, maka pada kali ini saya akan membahas masalah tersebut dengan menggunakan EasyBCD, tetapi anda harus instal .NetFramework 2.0 dulu. Berikut cara menghapus atau menambahkan OS ke daftar boot dengan EasyBCD:
  1. Buka EasyBCD.
  2. Pada jendela EasyBCD klik tombol “Add/Remove Entries” yang berada pada sisi sebelah kiri jendela.

         3. Pilih Sistem Operasi yang akan kita tambahkan, klik tombol Add Entry
Selesai deh cara penambahan sistem operasi baru pada bootloader.
Selanjutnya cara untuk menghapus sistem operasi dari bootloader
1. Masuk Ke Edit Boot Menu
2. pilih dan tekan tombol Delete untuk menghapus sistem operasi yang akan dihapus dari bootloader..menghapus sistem operasi selesai.

Setiap kita menghapus ataupun menambah sistem operasi pada bootloader maka kita harus melewati proses yang terakhir yaitu Instalasi Bootloader Setup.
1. Masuk ke menu Bootloader Setup


2. Kemuadian Klik tombol Write MBR

Sekian, Semoga bermanfaat. 
Terima Kasih.



Tx -> prm



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat Bootloader Untuk Windows 7 dan Windows XP"

Post a Comment

MikroTik - Menggunakan Fitur Send Email (+List Konfigurasi SMTP)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Halo! kali ini saya akan menuliskan mengenai penggunaan fitur pengiriman email yang ada di Mikrotik yang mungki...