Mengubah batas maksimum koneksi Printer ada Windows XP


Sebagai pengguna komputer, mungkin pernah ada kejadian yaitu pada komputer yang menjalankan Windows XP atau Windows 2000, ketika kita mencoba untuk terhubung ke komputer Windows XP baik untuk sharing folder maupun printer, kita menerima sebuah pesan seperti berikut: "No more connections can be made to this remote computer at this time because there are already as many connections as the computer can accept". Hal ini bisa terjadi karena jumlah koneksi dari client ke komputer tersebut sudah mencapai jumlah maksimum yaitu 10 koneksi.Segala bentuk koneksi baik itu sharing file/ folder, printer, dll yang tidak ada aktivitasnya selama interval waktu tertentu, secara otomatis akan diputuskan oleh sistem. Defaultnya, batas waktu untuk autodisconnect ini adalah sekitar 15 menit. Ketika koneksi ini diputus, maka salah satu jalur koneksi (dari 10 jalur koneksi) dapat dipakai oleh koneksi dari komputer lain yang sebelumnya tidak bisa terhubung (lihat message diatas).

Pada umumnya kita sering merestart komputer server, agar semua jalur koneksi kembali kosong, sehingga user lain yang membutuhkan koneksi ke server dapat segera terhubung. Hal ini tentu sangat merepotkan terlebih jika komputer server (dengan sistem operasi windows xp) ini memiliki jumlah client lebih dari 10. Artinya setiap client harus secara bergantian dalam melakukan koneksi ke server ini.
Untuk mengubah batas maksimum koneksi pada windows XP ini, kita dapat menggunakan program yang bernama Intelligent TCPIP.SYS Patcher 


Cara menggunakan :
A. Cara Pertama
1. Download file pendukung disini

2. Extract file PatchTCPIP.zip

3. Jalankan file PatchTCPIP.exe

4. Pada bagian Do you really want to change the limit to 50? (Y=Yes / N=No / C=Change limit), ketik "Y"



5. Tunggu sampai proses pengeditan berakhir

6. Restart komputer

7. Setelah login kembali, coba jalankan kembali file PatchTCPIP.exe, dan lihat pada bagian Current maximum concurrent half-open connection sudah berubah dari 10 ke 50. Artinya batas maksium koneksi ke windows XP tidak lagi hanya 10 client, tetapi menjadi 50 client.

B. Cara Kedua
1. Masuk Command Prompt -> Ketik net config server /autodisconnect:1
Angka 1 merupakan waktu yang dibutuhkan untuk menutup koneksi (jalur) yang tidak terpakai, karena default windows adalah 15.

Sekian, Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih.

Tx -> jyn




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengubah batas maksimum koneksi Printer ada Windows XP"

Post a Comment

MikroTik - Menggunakan Fitur Send Email (+List Konfigurasi SMTP)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Halo! kali ini saya akan menuliskan mengenai penggunaan fitur pengiriman email yang ada di Mikrotik yang mungki...